Jumat, 05 November 2010

pengantar bisnis

TUGAS KE 5
1. Sebutkan perbedaan dari manajemen dan organisasi?
jawab: Hal yang berbeda antara organisasi dan manajemen adalah organisasi sebagai alat atau wadah sekelompok orang dalam mencapai tujuan tertentu, sedangkan manajemen lebih mengarah kepada pengaturan atau pengelolaan untuk mencapai tujuan tersebut, adapun persamaan dari organisasi dan manajemen ialah sama-sama memiliki sasaran dan tujuan tertentu yang ingin dicapai2. mengapa manajemen selalu dan dibutuhkan dalam setiap aktifitas? jelaskan!
jawab: Untuk menjaga keseimbangan diantara tujuan-tujuan yang saling bertentangan. Manajemen dibutuhkan untuk menjaga keseimbangan antara tujuan, sasaran dan kegiatan yang bertentangan dari pihak-pihak yang berkepentingan dengan organisasi, seperti ; pimpinan, pegawai, pelanggan, serikat kerja, masyarakat, pemerintah (pemerintah daerah), dll.
3. Apa yang dimaksud dengan manager yang efisien dan manager yang efektif?
jawab: manager efesien itu tepat guna, atau mempertinggi tepat guna. Sedangkan dalam bahasa manajemen, efisiensi berarti: Menemukan cara kerja yang tepat guna untuk mencegah pemborosan tenaga, alat produksi, bahan dan modal kerja dalam suatu produksi. Atau dengan kata lain: Menghindari pemakaian tenaga kerja, waktu dan alat-alat produksi serta modal yang sebetulnya tidak diperlukan dalam suatu proses produksi. kalau manager yang efektif, adalah manajer yang berhasil mencapai prestasi kerja tinggi dibanding dengan standar yang telah ditentukan, serta mampu melakukan pekerjaan melalui orang lain dengan tingkat kepuasan dan komitmen yang tinggi. Dalam kenyataan memang tidak tertutup kemungkinan bahwa seorang manajer sukses sekaligus juga menjadi manajer efektif.
4. apa yang di maksud dengan prinsip koordinasi itu dan mangapa prinsip tersebut diperlukan?
jawab: Adanya berbagai pendapat yang berbeda diantara masing-masing individu dalam organisasi akan memepengaruhi keputusan yang diambil. Pendapat-pendapat tersebut perlu diselaraskan dengan mengadakan koordinasi agar terdapat suatu keadaan yang harmonis sehingga tujuan organisasi dapat tercapai. Koordinasi yang baik dapat dilakukan jika masing-masing individu menyadari dan memahami akan tugas-tugas mereka. Mereka harus mengetahui bahwa sebenarnya tugas mereka sangat membantu pada usaha-usaha untuk mencapai tujuan organisasi. Untuk itu mereka perlu mengetahui lebih dulu tentang tujuan organisasi.
5. sebutkan faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi dalam dirimu?
jawab: adanya dorongan dari orang tua mau pun temen-temen sebaya, mempunyai lingkungan yang ramah lingkungan dan nyaman, mempunyai banyak teman yang baik yg bikin mendorong kemajuan saya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar