Jumat, 12 November 2010

pengantar bisnis

TUGAS KE 7:
1. jelaskan secara singkat 5 konsep pemasaran ?
jawab:
- konsep produksi: anggapan pemasaran yang berorientasi kepada proses produksi (internal) bahwa konsumen hanya akan membeli produk-produk yang murah.
-konsep produk: anggapan pemasara bahwa konsumen lebih menghendaki produk-produk yang berkualitas atau berpenampilan baik.
- konsep penjualan: anggapan pemasar yangberorientasi kepada tingkat penjualan (internal) bahwa konsumen perlu dipengaruhi agar penjualan dapat meningkat sehingga tercapai profit maksimum sabagai tujuan perusahaan.
- konsep pemasaran: anggapan pemasaran yang berorientasi kepada pelanggan ( eksternal ) bahwa konsumen hanya akan tersedia membeli produk-produk yang mampu memenuhi kebutuhan dan memberikan kepuasan.
- konsep pemasaran yang memasyarakatkan (sosial): anggapan pemasar bahwa konsumen hanya bersedia membeli produk-produk yang mampu memenuhi kebutuhan serta kesejahteraan lingkungan sosial konsumen.
2. sebutkan dan jelaskan beda pasar dan pemasaran ?
jawab: kalau pasar itu secara umum dan sering dikenal adalah tmpt pertemunya pembeli dan penjual. sedangkan pemasaran itu kegiatan pemasaran untuk menjalankan bisnis guna memenuhi kebutuhan pasar dengan barang dan atau jasa, nemetapkan harga, mendistribusikan, serta mempromosikannya melalui proses pertukaran agar memuaskan konsumen dan mencapai tujuan perusahaan.
3. apa bedanya kebutuhan dan keinginan berdasarkan konsep inti pemasaran ?
jawab: Kebutuhan merupakan sesuatu hal yang harus dipenuhi. Bila tidak dipenuhi akan berpengaruh langsung terhadap kebutuhan individu. Contoh, bila kita sedang lapar(bukan karena berpuasa) kita butuh makanan untuk dimakan. Jika tidak perut kita bisa saja sakit. Jadi makan merupakan kebutuhan. Akan tetapi, jika kita sudah kenyang dan ingin makan dan makan lagi, hal ini disebut keinginan.
Keinginan lebih kepada sesuatu yang melebih kebutuhan. Misalnya bila kita sudah memiliki banyak pakaian, namun ingin membeli pakaian lagi, hal ini tidak lagi disebut kebutuhan, tetapi merupakan keinginan. Jadi sebenarnya kebutuhan bersifat terbatas, sedangkan keinginan tidak terbatas. Namun sayangnya tidak banyak orang  yang memahami sehingga berperilaku salah dalam memenuhi kebutuhan/keinginan sehingga melahirkan perilaku boros.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar