Kamis, 21 April 2011

tugas 3 Genap

SOAL:

1.jelaskan dengan singkat mengenal :
   a) Neraca pembayaran
   b) Modal asing
   c) Hutang luar negri

2. sebutkan dan jelaskan manfaat modal asing? ( min 5 )
3. Sebutkan dan jaleaskan dampak hutang luar negri terhadap pembangunan di indonesia. ( min 3 )



JAWABAN:

1. A) Neraca pembayaran merupakan suatu ikhtisar yang meringkas transaksi-transaksi antara penduduk suatu negara dengan penduduk negara lain selama jangka waktu tertentu (biasanya satu tahun). Neraca pembayaran mencakup pembelian dan penjualan barang dan jasa, hibah dari individu dan pemerintah asing, dan transaksi finansial. Umumnya neraca pembayaran terbagi atas neraca transaksi berjalan dan neraca lalu lintas modal dan finansial, dan item-item finansial. 
  B) Modal asing modal yang berasal dari luar perusahaan yang sifatnya sementara bekerja di dalam  perusahaan, dan bagi perusahaan yang bersangkutan modal tersebut merupakan utang, yang pada saatnya harus di bayar kembali. Modal asing di bagi ke dalam tiga golongan yaitu utang jangka pendek, utang jangka menengah dan utang jangka panjang.
  C)  Hutang luar negri adalah sebagian dari total utang suatu negara yang diperoleh dari para kreditor di luar negara tersebut. Penerima utang luar negeri dapat berupa pemerintah, perusahaan, atau perorangan. Bentuk utang dapat berupa uang yang diperoleh dari bank swasta, pemerintah negara lain, atau lembaga keuangan internasional seperti IMF dan Bank Dunia.
2) - Penurunan biaya bunga APBN.
    - Sumber investasi swasta, dengan adanya modal asing perusahaan swasta bisa lebih berkembang lagi
    - Masuknya modal asing juga mampu menggerakkan kegiatan ekonomi yang lesu akibat kurangnya modal (saving investment gap) bagi pelaksanaan  pembangunan ekonomi.
    - Sebagai pembiayaan Foreign Direct Investment (FDI) dan kedalaman pasar modal
    - juga berperan dalam menutup gap devisa yang ditimbulkan oleh defisit pada transaksi berjalan.


3)  a. Dampak Positif:
•Membantu menangani masalah biaya pembangunan d indonesia, Demi kelangsungan dan keberhasilan kegiatan pembangunan di bidang ekonomi dibutuhkan modal pembiayan pembangunan yang tidak sedikit jumlahnya.
• Dalam proses pelaksanaan pembangunan ekonomi di negara berkembang seperti di Indonesia, akumulasi utang luar negeri merupakan suatu gejala umum yang wajar. Hal tersebut disebabkan tabungan dalam negeri yang rendah tidak memungkinkan dilakukannya investasi yang memadai sehingga banyak pemerintah negara yang sedang berkembang harus menarik dana dan pinjaman dari luar negeri. Selain itu, defisit pada neraca perdagangan barang dan jasa yang tinggi berhubungan juga dengan dilakukannya impor modal untuk menambah sumber daya keuangan dalam negeri yang terbatas.
•Laju pertumbuhan ekonomi dapat dipacu sesuai dengan target yang telah ditetapkan sebelumnya.
     b. Dampak negatif:
•Timbullah krisis ekonomi yang makin lama makin meluas dan mendalam. Kemudian krisis ekonomi ini memperkuat krisis yang lain dan begitu seterusnya sehingga terjadilah vicious circle.
•Pemerintah akan terbebani dengan pembayaran utang tersebut sehingga hanya sedikit dari APBN yang digunakan untuk pembangunan.
•Cicilan bunga yang makin memberatkan perekonomian Indonesia.

Sumber:
http://id.wikipedia.org/wiki/Neraca_pembayaran
http://koleksipengetahuan.wordpress.com/2010/02/25/pengaruh-utang-luar-negeri-foreign-debt-dan-penanaman-modal-asing-pma-terhadap-pertumbuhan-ekonomi-indonesia-010/
http://id.wikipedia.org/wiki/Utang_luar_negeri
http://ratnadedew21.blogspot.com/2011/03/neraca-pembayaran-arus-modal-asing.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar